Buat yang sudah ikut kelas BTR (Bina Tim Reseller) pasti sudah tahu yah karena udah pernah saya share untuk fokus ke 1 hal dulu, jangan terlalu banyak produk kalau masih awal.
Misal nih, mau jualan apa? Ya itu aja dulu difokusin. Kalau mau fokus ke jenis produk misal bayi ya baju bayi semua, meski banyak brand. Ntar sambil nambah perlengkapan bayi plus perlengkapan Ibu, pelan-pelan.
Tapi misal mau fokus ke 1 brand, sedangkan dalam 1 brand itu ada banyak jenis barang, bisa fokus ke brand itu dulu 1 brand aja dulu.
====
Kapan bisa merambah ke produk lain? Atau misal sekarang pegang 1 brand, jika sudah melesat dan sudah jadi, bisa merambah ke produk lain.
Misal nih, jualan Baju bayi, awal gak ada yang tahu kita jualan, kita fokus pajangin di sosmed, sampai semua orang tahu siapa kita, jualan apa… kemudian ada orang gabung jadi reseller, sampai bisnis jalan di mana kita gak terlalu banyak terjun langsung ke Sosmed pun, orderan reseller udah mbludak, mulailah rekrut admin buat bantuin. Lalu jika sudah jadi, biar admin yang pegang, kita nambah produk lain.
Dan palugada-nya seperti itu ya Gaes
Sekalian saya juga mau bahas di hal lainnya kayak : Affiliator/ konten kreator
Sebagai konten kreator, bahasan juga sebaiknya ke 1 hal yang sangat spesifik banget dulu temanya, lalu bisa merambah bahasan lain yang masih berhubungan dengan tema tersebut. Dan kalo udah terbranding, mau ganti tema bahkan sharing kegiatan harian pun orang akan tetep suka.
Sebagai affiliator, karena saya ini adalah affiliator Shopee dan Tiktok,
Untuk tiktok yah, kalau saya perhatikan nih untuk akun yang langsung jualan (affiliator) bukan akun edukasi (konten kreator) bisa coba 1 jenis barang dulu. Misal mau mainkan Headphone ya headsphone semua. 1 produk bisa dibuatkan puluhan, ratusan bahkan ribuan video. Lalu merambah ke produk yang masih berhubungan dengan itu misal speaker, tws, mic Wireless, dll. Dan lama-lama bisa melebar lagi
Untuk shopee juga sama, fokus ke 1 jenis dulu jika mau bagus hasilnya (meski saya sendiri langsung palugada ya, tapi setelah sekian lama trial, ngerasain gimana efeknya jika fokus 1 jenis produk spesifik dulu lebih mantul hasilnya, Gaes… )
Apa sih efeknya/dampaknya jika main 1 niche dulu?
- Akun kita mudah diingat orang
- Mereka yang suka 1 jenis barang, akan scroll konten kita selanjutnya, kali aja ada barang lainnya yg ingin kita beli biar sekalian.
- Tertarik untuk follow agar ada notifikasi saat kita uplod sesuatu
- Kita lebih mudah pelajari produk kita sendiri kalo 1 jenis itu aja dulu, dengan paham produk pastinya lebih sat set bikin kontennya dan gak buang banyak waktu. Beda kalo banyak barang, habis belajar A belajar B, kayak pecah fokus.
- Dan mungkin manfaat lainnya, kalian bisa tambahin sendiri
Dan saya sendiri kalau jadi pembeli, akan mudah mencari pilihan di toko yang sama yg menspesialkan ke barang yang dicari daripada scroll tempat lain belum tentu dapat dan malah buang waktu.
Misal nih, nyari peralatan bayi mending ke toko khusus bayi, karena karena gak bingung milih. Komplit peralatan bayi semua ada, sejak hamil sampai melahirkan.
Mau kebutuhan kucing, mending ke toko Pet (hewan kesayangan) karena bisa sekalian beli makanan, mangkuk, cemilan, mainan, semua ada. Gak peru muter-muter nyari toko lain.
Kalau jadi penonton di sosmed, kita lebih inget yang bahasan 1 atau campur-campur? Kalo saya sendiri suka yang 1 aja.
Pernah gak scroll sosmed yang misal nih kontennya orangnya bisa main sulap? , pasti kita pengennya si orang tersebut main sulap terus. Baik saat acara, saat di rumah, saat kumpul keluarga, saat sama temen2nya. Bahkan bocoran trik sulapnya. Kita akan penasaran dan gak akan bosan dengan bahasan itu meski dia bikin berulang kali.
Begitupun misal lihat ada orang bisa main gitar, nyanyi lagu A, postingan berikutnya dengan gitar yg sama lagu B, postingan seanjutnya nyanyi dengan temen2nya, postingan lainnya nyanyi sendirian di tempat berbeda.
Saat kita scroll ternyata gak posting yang sejenis, kita akan skip. Contoh saya saat ini tahu Jodok Cello pemain Cello itu karena kontennya mainan cello terus-terusan, tahu Van Toe karena mainan piano terus. Hanya beda lagu dan beda tempat aja. Apakah penonton bosan? Tidak! Malah saya follow karena menunggu upload berikutnya..
Begitupun dengan toko baik online maupun offline, saya dulu pernah beli ke Seorang Ibu yg khusus jualan clodi, sudah 9tahun berlalu tapi saya ingat namanya sampai sekarang. Saya bisa tanya apa aja tentang clodi ke beliau, dari produk yg murah sampai mahal, dari yg baru maupun keluaran lama, dari cara perawatan juga saya bisa tanya-tanya. Bahkan setelah sekian kali beli, saya ikut jadi reseller beliau. Harganya beliau termasuk mahal, tapi karena beliau sangat paham dengan produk yg dijual, saya sangat nyaman bertransaksi dan berjualan produk beliau.
Ini juga gak cuma toko, brand juga sama.
Misal kayak orang beli produk yang saya jual misal produk Gamis Sylla, produk ini fokus ke warna kalem motif simpel, enak dilihat buat semua kalangan dari remaja sampai emak-emak segala umur. Dan kain yang dipakai bagus-bagus juga. Pernah suatu ketikan Syla bikin motif yg gak sylla banget, saya sebagai Distributor langsung merasa loyo mau jualin. Dan saat udah balik lagi ke ciri khas Sylla, saya semangat lagi. Dan.. karena ciri khasnya itu, maka.. jika ada launching produk lain, banyak yang menunggu motif berikutnya.
Selain hal di atas, apa coba Type HP yang kalian pakai? Adakah pemakai samsung? Jika sudah suka brand ini biasanha beli berikutnya keluaran terbaru ya brand ini terus.
Saya bukan penyuka samsung, saya Suka android ya xiaomi, tiap beli ya itu itu terus hanya upgrade aja. Saya suka produk apple gara-gara punya macbook, lalu merambah beli iphone nya, beli headsetnya, dan seterusnya. Saya suka Lenovo speaker, lanjut ke Headphone, lanjut ke tws dan malah sekarang ikut jualin 😅. Dan merambah ke audio lainnya dengan brand lain tapi masih sejenis.
Nah.. udah ada gambaran belum? Intinya manusia mudah mengingat jika kita mengerjakan hal yg spesifik dulu. Dan nanti jika orang suka, mereka akan follow dan ikuti akun kita, bahkan nama kita akan diingat oleh mereka, lalu menunggu yang akan terjadi berikutnya.
Coba sebutkan Nama salah satu konten kreator idola kalian, Kenapa ingat dia? Apa yang membuta terkesan dan inget namanya?
Atau bisa juga sebutkan toko favorit kalian baik di market place atau di manapun, atau barang favorit kalian di 1 brand tertentu. Dan tulis apa alasannya? Kenapa suka dengan itu?
Silahkan koment ya..


0 komentar:
Posting Komentar